Connect with us

TEKNOLOGI

Menkominfo Dorong Perusahaan Telekomunikasi Terapkan Kecerdasan Buatan

Published

on

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi di Jakarta, Selasa (12/9/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)

ACEHTIMES.CO.ID | JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebut perusahaan telekomunikasi perlu mendorong penerapan kecerdasan buatan (AI). Tentu dengan sejumlah strategi yang mengedepankan etika.

“Pelaku industri (telekomunikasi) memerlukan strategi penerapan yang komprehensif baik secara internal maupun sebagai bagian dari ekosistem. Di mana yang pertama, perusahaan perlu berinvestasi dalam strategi change management agar integrasi AI dapat berjalan efektif,” kata Budi, Selasa (5/3/2024).

Budi menjelaskan sektor telekomunikasi tidak luput terpapar dari dampak teknologi AI. Buktinya, penggunaan AI dapat ditemukan dalam tiga aspek yaitu AI sebagai solution provider, system integrator dan end user.

Kemudian, tingkat signifikan pemanfaatan AI juga terlihat pada proyeksi kontribusinya di sektor telekomunikasi. Ini yang menyentuh angka Rp612 kuadriliun di tingkat global pada tahun 2031.

Baca Juga

Melihat potensi besar tersebut, Budi meminta perusahaan telekomunikasi agar segera melakukan investasi dalam strategi perubahan manajemen. Tentu melalui pemetaan potensi kebutuhan perusahaan menggunakan AI hingga menganalisis dampak dari adopsi AI.

Kedua, ia mengingatkan bahwa kehadiran digital yang adaptif dalam pemanfaatan AI sangat berperan penting. Sehingga para pelaku industri di sektor telekomunikasi perlu mengutamakan peningkatan kapasitas.

“Kalau ini dapat dilakukan dengan membangun budaya inovasi. Pemanfaatan AI dapat berdampak pada pengembangan sektor telekomunikasi,” ujarnya.

Lebih lanjut ia memberikan strategi ketiga yakni para pelaku industri perlu mengutamakan kolaborasi dan pemanfaatan berbasis AI melalui penguatan kolaborasi dengan mitra asing. Misalnya untuk mengembangkan large language model (LLM) agar perusahaan bisa memaksimalkan potensi AI.

“Penempatan ini menyampaikan optimisme dalam menyambut era AI khususnya bagi sektor telekomunikasi agar tidak menjadi pengguna namun sebagai katalis inovasi dan pemanfaatan AI secara produktif. Sehingga kita bisa memaknai digitalisasi di masyarakat untuk memberikan kontribusi dan peningkatan produktivitas masyarakat,” ucapnya | rri

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *